Toko kecil-kecilan

Rabu, 07 Januari 2009

Hati-hati mencharge handphone anda


Perkembangan pemilikan handphone akhir-akhir ini sangatlah pesat. Hampir setiap orang yang kita jumpai pasti mempunyai HP. Bahkan bisa jadi 1 orang menenteng HP lebih dari 1, bahkan ada yang lebih dari 2. Kalau sampai hari ini orang belum punya Hp mungkin akan di ledek temannya, “ Hare gene gak paunya HP???!!!”
Saya bisa pastikan anda yang baca pesan ini adalah salah satu orang yang punya HP.

Namun apakah anda tahu akan bahayanya HP?

Banyak bahaya hp yang belum pernah kita sadari, meskipun pernah kita dengar dan kita baca.

Salah satu bahaya HP adalah pada batereynya. Bahaya yang timbul adalah meledaknya battery. Hal ini pernah saya alami sendiri. Kejadian ini sebenarnya sudah cukup lama, kira2 pertengahan tahun 2007 kemarin. Namun saya rasa ini perlu saya sharing ke rekan2 agar bisa mengambil pelajaran dar kejadian ini dan cukup saya saja yang mengalaminya.

Seperti biasa saya malam itu mencharge baterei hp saya yangsudah seharusnya di isi. Begitu mencolokan charger, maka langsung aku tinggal tidur dengan harapan besok paginya baterei hp sudah penuh. Saya bias tidur antara jam 22:00 -22:30.

Sekitar jam 01:00 saya terbangun karena begitu oleh suara ledakan dan benturan ke tembok yang cukup keras. Begitu bangun saya cari-cari asal sumber suara.

Ternyata berasal dari bateri hp saya yang meledak dan menghantam ke dinding tembok kamar saya. Chasing baterei yang terbuat dari logam, mungkin kuningan melembung seperti balon yang di tiup. Padahal saya tidak kuat mengembalikan ke bentuk semula baik pake tangan dan pake tang.

Bekas bateri ini sangat panas ketika saya pegang, bahkan meja kayu yang menjadi tempat jatuhnya bekas baterey ini terdapat tanda hitam yang menunjukkan adanya barang panas diatasnya. Bayangkan kalau casing baterrei ini jatuh di kasur, atau di kertas atau bahan yang mudah terbakar lainnya. Bisa jadi saya tidak sempat menulis pengalaman saya ini...

Untuk pemahaman anda berikut juga saya sertakan foto bekas casing dalam baterry yang bentuknya menggelembung dan ini tidak bis saya embalikan ke bentuk gepeng meskipun saya menggunakan tang.

Saran agar anda tidak mengalami hal serupa :
  1. Jangan men-charge baterei HP anda melebihi waktu yang di tentukan. Segera cabut begitu baterey penuh
  2. Sering periksa kondisi fisik baterey hp anda. Kalau sudah mulai menggelembung ( hamil) silakan segera ganti saja.
  3. Jangan mencharge HP sambil di tinggal tidur.Semoga berguna

2 komentar:

Bundaeil mengatakan...

Sore pak, salam kenal ya dari wong nggalek :)
Tulisannya mengena banget tuh, hehe bisa jd peringatan.. soalnya saya selalu lupa klo lagi ngecharge, bisa semalaman bahkan dari pagi sampe pagi.

Unknown mengatakan...

Wah... sampek mentol ngono sam?